Ekplorasi Sedayu

Assalamu’alaikum…

Kek nopo kabare Cak, Neng, lujeng ta???

Letak Geografis

Kecamatan Sidayu berbatasan langsung dengan Kecamatan Ujung Pangkah di sebelah utara. Kecamatan Bungah di sebelah selatan. Kecamatan Dukun dan Kecamatan Panceng di sebelah barat. Serta dengan Selat Madura di sebelah timur. Ibukota Kecamatan Sidayu ditetapkan di beberapa desa yang masuk kawasan ibu kota kecamatan, yaitu desa Kauman, Pengulu, Mriyunan, Asempapak, Raci Tengah, Bunderan, Purwodadi, sedagaran dan Sidomulyo.

Perekonomian

Sidayu dikenal sebagai salah satu daerah kawasan Pesantren di Kabupaten Gresik. Beberapa pesantren di Sidayu antara lain Pondok Pesantren Mambaul Hisan, Pondok Pesantren Qiyaumul Manar, al-Furqon, dan al-Bayyinah. Juga terdapat pesantren-pesantren kecil, hampir di banyak rumah masyarakat Sidayu. Dengan demikian perekonomian masyarakat Sidayu banyak ditopang oleh sektor ekonomi perdagangan barang dan jasa.

Walet adalah satu hasil utama Sidayu. Sidayu juga merupakan penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut maupun tambak. Selain itu perekonomian masyarakat Sidayu juga banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Garment (konveksi).

Pendidikan

Perguruan Tinggi

* STIT Raden Santri

Lembaga Pendidikan

* Taman Pendidikan Kanjeng Sepuh (TPKS). Menyelenggarakan pendidikan TK, TPA, MI, SD, MTs, MA, dan SMU.
* Perguruan Muhammadiyah. Menyelenggaran pendidikan TK, TPA, MI, SD, SLB, SMP, MTs, MA, dan SMU.
* Yayasan Pendidikan Islamiyah (YPI). Menyelenggarakan pendidikan TK, TPA, dan MI.
* Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP Negeri) terdiri dari SMPN 1 di Mriyunan, SMPN 2 di Wadeng, SMPN 3 di Mriyunan dan SMPN 4 di Lasem.
* Sekolah Menengah Umum Negeri I Sidayu (SMU Negeri 1 Sidayu) di Raci Tengah.
* Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK Negeri 1 Sidayu) di Wadeng.

Pesantren

* Yayasan Pondok Pesantren Mambaul Hisan (PPMH). Menyelenggarakan pendidikan TK/TPA, MI, MTs, MA, dan Madrasah Diniyyah dengan sistem Boarding School.
* Yayasan Pondok Pesantren Qiyaumul Manar. Menyelanggarakan pendidikan Hifdzul Qur’an dan Madrasah Diniyyah.
* Yayasan Ma’had al-Bayyinah. Menyelanggarakan pendidikan Madrasah Diniyyah.
* Yayasan Ma’had al-Furqon. Menyelanggarakan pendidikan MI dan Madrasah Diniyyah.

Lembaga Kursus

* Kanjeng Sepuh Computer.
* Suryodiningrat Institute.

Penduduk

Suku Bangsa

Suku Jawa adalah suku bangsa mayoritas di Sidayu. Dibanding dengan masyarakat Jawa pada umumnya, Suku Jawa di Sidayu memiliki temperamen yang sedikit lebih keras dan egaliter. Salah satu penyebabnya adalah dekatnya Sidayu dengan daerah pesisir.

Sebagai pusat pendidikan, Sidayu juga menjadi tempat tinggal para santri dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia.

Agama

Agama Islam adalah agama mayoritas penduduk Sidayu. Sidayu merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam awal di tanah Jawa.

Agama Islam dapat dikatakan sebagai agama tunggal di Sidayu, mengingat hampir seratus persen penduduknya memeluk Agama Islam. Dan kebanyakan dari mereka berafiliasi pada organisasi sosial-keagamaan seperti Nahdhatul Ulama’ dan Muhammadiyah.

Bahasa

Sidayu memiliki dialek khas Bahasa Jawa yang hampir mirip dengan Bahasa Jawa Surabaya yang dikenal dengan Boso Suroboyoan. Dialek ini dituturkan di daerah Surabaya dan sekitarnya, termasuk Gresik, Sidoarjo, dan Mojokerto. Serta memiliki pengaruh di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Dialek ini dikenal egaliter, blak-blakan, dan tidak mengenal ragam tingkatan bahasa seperti Bahasa Jawa standar pada umumnya.

Kuliner

Makanan khas Sidayu adalah Sego Bali Bandeng, Otak-otak Bandeng, ada Kelo Bandeng. Ada juga Cemilan Khas Sidayu Bonggolan, kerupuk tayammum (goreng pasir) dan Kerupuk Udang, Rumah Makan LAKAKUL.

Pariwisata

Sejumlah pariwisata andalan di Sidayu adalah Wisata Religi Makam Kanjeng Sepuh di desa Kauman. Wisata Bahari Bengawan Solo di desa Randuboto. Wisata Sejarah Telaga Rambit di desa Purwodadi, Situs Peninggalan Masjid Sidayu di desa Mriyunan, dan Sumur Dhahar di desa Golokan.

Serta Wisata Belanja di Pasar Pahing yang menjual beraneka ragam hasil laut dan tambak, serta oleh-oleh khas Sidayu.
Tapi lek pengen mengeksplor Kota Sedayu, sak derenge kulo sangoni peta, biar ndak kesasar…

PETA KABUPATEN GRESIK

peta-sedayu-gresik.png