Keramaian Para Santri

Pondok Pasti Terkenal kalau banyak santri dan kemampuan kyainya .hal itu yang terjadi di masa lalu pada wilayah sidayu ketika zaman KH Daud Munawwar atau KH Muhammad yang keduanya mejalankan metode pendidikan al qur’an yang merupakan ilmu wajib yang harus di milik oleh setiap ummat islam.

Kenangan akan ramainya para santri yang melakukan kegiatan di luar pondok.bisa ku ketahui ketika melihat anak pondok yang keluar untuk bermain di sekitar kampung ,kadang ada yang memancing di tambak atau makan di warung hingga membuat pedagangnya senang hal ini di akui oleh pendagang makanan yang masih berjualan di kampung.

Suasana kenyamanan ini juga terbawah hingga ke kehidupan masyarakat sidayu yang sangat agamis.sungguh amat senang bila hidup di lingkungan tempat mencari ilmu agama itu menjadikan kenyamaan pada kehidupan perekonomian dan kehidupan sosial masyarakatnya.

Kenapa kini keadaan berbanding terbalik. sarana untuk mendapat ilmu agama itu menjadi sunyi karena berkurangnya santri.hal ini di benar oleh pedagang yang berdagang di sekitar pondok mengalami penurunan omset dagangan.”semakin sedikit jumlah santri ” tuturnya.

Dari data yang didapat malah mencengangkan karena ada pondok yang di tutup karena tidak ada yang mengurusnya.padahal pondok itu mencetak penghafal ayat suci yang cukup di perhitungankan.mau di kata apa?? denyut nadi sudah terputus.

Keramaian suara teman-teman santri saat mengaji kitab suci di waktu sehabis sholat shubuh masih teringat hingga tak sadar aku terbangun di pagi buta.sungguh tekat orang mencari ilmu itu menyenangkan walau mungkin sekarang kenangan ini tidak berpengaruh pada generasi muda yang mudah menuju masyarakat perkotaan yang miskin terhadap ilmu agama.

1 Comment

  1. asslm Tlong dong ku pengen nanyabnyak tntang PPMH. add ke fb ku ya. jazakumullah ato gmn aja no hp ku 087725304459…. wass


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s