Kare Kepiting; Makanan Berkelas di Sedayu

Terdapat cerita menarik di Sedayu mengenai jenis binatang yang satu ini. Kepiting, kepiting adalah binatang crustacean berkaki sepuluh dari infraorder Brachyura, yang biasanya mempunyai “ekor” yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya sama sekali tersembunyi di bawah thorax. Kepiting umumnya ditutupi dengan exoskeleton (kerangka luar) yang sangat keras, dan dipersenjatai dengan sepasang capit.

Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari pea crab, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 m.

Di Sedayu juga terdapat penakaran/budidaya binatang jenis ini. Kepiting Bakau (Scylla Serrata) banyak dibudidaya oleh warga Sedayu, seperti halnya Ikan Bandeng dan Udang Windu. Selain harganya yang cukup tinggi, kepiting jenis ini juga termasuk jenis kepiting yang lebih diminati daripada jenis kepiting yang lain.

Oleh masyarakat Sedayu, kepiting biasanya dimasak dengan bumbu kare atau bumbu kunyit. Dan akan terasa lebih sedap, jika kepiting dimasak dalam keadaan masih segar/masih hidup. Namun demikian, hanya sebagian kecil masyarakat Sedayu yang bersedia makan kepiting hasil penakaran/tangkapan sendiri. Hal ini lebih disebabkan karena harga jualnya yang cukup tinggi.

Selain itu, belum tentu masyarakat Sedayu mau mengkonsumsi semua jenis kepiting. Terdapat jenis-jenis tertentu yang menurut keyakinan masyarakat Sedayu masih diharamkan oleh sebagian ulama’. Karena terdapat sebuah kecenderungan bahwa kepiting adalah binatang yang hidup di dua alam.

Namun, seharusnya masyarakat Sedayu tidak perlu khawatir dengan fatwa salaf tersebut, mengingat Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui lembaga fatwanya telah menjelaskan status hukum kepiting. Menurut MUI, jenis kepiting bakau adalah halal dikonsumsi. Yang berarti dapat juga dibudidaya dan diperjualbelikan.

Akan tetapi, mengingat harga kepiting yang relatif tinggi (dibandingkan dengan jenis ikan lainnya), maka kepiting menjadi salah satu makanan berkelas di Sedayu. Entah ini berdasarkan asumsi perbedaan status sosial atau hanya bersandar pada keyakinan warga. Yang jelas tradisi makan kepiting tidak ditemukan di semua golongan. Akhirnya kepiting menjadi makanan yang sangat berkelas di masyarakat Sedayu.

10 Comments

  1. kuliner? kepiting goreng? bikin ngiler!🙂

    wah, doyan kepiting juga ya cak??? lek ngoten mampir nang sedayu nggih??? di sedayu akeh seru…

  2. wah nek kepiting biar cuman dipanggang nang lampu petromak wes enak…

    wes pokoke wenak tenan…

  3. Saya cuma makan rajungan karena serem liat kepiting darat 🙂
    Salam kenal!

    serem kenapa tho neng??? kan bukan buaya darat??? wkwkwkwkwk

  4. waduh jadi sedih nih, di bandung harga seafood luarbiasa, jd ga bisa sering-sering makan seafood hiks…hikss…
    kirim kepiting donggg….wueekekekekeke

  5. eh, kare kepeiting tapi gambare kok urang(udang) yak opo iku?

  6. jok lali lek nak gresik, ngopi yooo. AGP malang

  7. kare kepiting ?, uuueennnaak tenaaan, poko’e mak nyusss.
    salam kenal

  8. Onok seng enak maneh dulur “ENDOK’E SEMBILANG” (iwak’e yo enak) di botok utowo di dadar campur santen n bumbu rempah2.
    Pengen coba…???? segera meluncur nak Warung Sidayu (cak Aidi), lokasine nak jl.Pahlawan sebelah utara kantor kecamatan Sidayu

  9. KAMI SEKELUARGA DEMEN BANGET SAMA SEA FOOD SATU ITU BIASANYA KAMI DI SBY MAEM 1 PORSI SPESIAL BERTELOR BUMBU ASEM MANIS ( 140 rb ) ITUPUN CUKUP BUAT MAEM SAYA ISTRI DAN ANAK 2 .TRUS DI SIDAYU MAKANAN SEA FOOD DIMANA TEMPATNYA KALO AKU PULANG KAMPUNG AKAN MAMPIR .KAMI ASLINYA DS.TANJANGAWAN UJUNGPANGKAH SKRANG KERJA DI SBY

  10. posisinya dimna brow kre kpiting sidayu


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s