TPKS dan Pendidikan Masyarakat Sedayu

Selain sebagai kota sejarah, Sedayu juga merupakan pusat pendidikan yang berada di wilayah Gresik utara. Bahkan terkenal hingga ke Kabupaten Lamongan dan sekitarnya. Jika anda masuk ke Kota Sedayu di sore hari, dapat dipastikan anda akan menyaksikan gerombolan berseragam. Mereka bukan pegawai pabrik atau serikat kerja yang sedang berunjuk rasa. Mereka adalah pelajar yang pulang dari sekolah dan sedang menunggu mobil sekolah.

Mereka adalah pelajar yang menuntut ilmu di Taman Pendidikan Kanjeng Sepuh (TPKS). Lembaga pendidikan yang mempunyai jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) dan merupakan lembaga pendidikan swasta favorit di Kota Sedayu dan sekitarnya.

Roudhatul Athfal Muslimat (TK/RA Muslimat), Taman Pendidikan al-Qur’an Muslimat (TPA), Sekolah Dasar Nahdhatul Ulama (SD NU), Madrasah Ibtidaiyah (MI) 1-2, Madrasah Tsanawiyah Ma’arif (MTs), Madrasah Aliyah Ma’arif (MA), dan Sekolah Menengah Umum Ma’arif (SMU), dan Kanjeng Sepuh Computer (KSC) adalah jenjang pendidikan formal dan non formal yang berada dalam naungan TPKS.

Selain TPKS, di Kota Sedayu juga terdapat Perguruan Muhammadiyah, yang mempunyai jenjang pendidikan TK Aisiyah, SD Muhammadiyah, MTs, MA, SMK, dan SMU Muhammadiyah. Yayasan Pendidikan Islamiyah (YPI), juga turut meramaikan persaingan pendidikan di Kota Sedayu. YPI mempunyai jenjang pendidikan TK Islamiyah, TPA Islamiyah, dan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MI). Juga terdapat sekolah-sekolah negeri favorit, seperti SMP Negeri 1 dan 3, SMU Negeri 1 Sedayu, semua berada di Kota Sedayu. Sementara SMP Negeri 2 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sedayu, berada di Desa Wadeng, sekitar 8 km dari pusat kota Sedayu.

Gerombolan yang berada di sepanjang jalan utama Kota Sedayu (Jl. Pemuda) itu hanya sebagian dari siswa-siswi yang menuntut ilmu di Kota Sedayu. Selain sekolah-sekolah favorit tersebut, juga terdapat yayasan pendidikan lokal yang berada di setiap desa. Sebut misalnya, Yayasan Pendidikan Nurul Jadid yang berada di Desa Randuboto, Taman Pendidikan Nurul Huda Desa Wadeng, Yayasan Pendidikan Nurul Fatah Desa Gedangan, Yayasan Pendidikan al-Furqon Desa Srowo, dll.

TPKS sendiri setiap tahunnya mendidik dan meluluskan ribuan siswa-siswi. Sebagai lembaga yang berorientasi pada pencapaian kualitas pendidikan yang baik, TPKS juga terus melakukan pembenahan di segala bidang, mulai dari sarana dan prasarana sekolah hingga pemenuhan dewan pendidik yang profesional. Kemajuan Kota Sedayu tidak akan bisa dilepaskan dari perjuangan lembaga ini. Baik secara keilmuan umum maupun keagamaan.

Para alumninya pun tidak kalah saing. Alumni TPKS terbukti mampu bersaing di kancah percaturan pendidikan nasional. Banyak para alumni yang dapat melanjutkan dan diterima di sekolah-sekolah favorit atau perguruan tinggi favorit nasional. Sebut misalnya, SMUN 1 Gresik, SMU Sekolah Nasional Berstandar Internasional (SNBI) Darul Ulum Jombang, MA Negeri Tambak Beras Jombang, MA Negeri 3 Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Jember, UPN Veteran Surabaya, UIN Malang, Universitas Diponegoro, UIN Yogyakarta, UIN Jakarta, dll.

Dengan menggunakan kurikulum DIKNAS sebagai kurikulum utama, TPKS juga menggunakan kurikulum khusus. Kurikulum tersebut memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dan menjawab permintaan masyarakat. Kurikulum tambahan tersebut dimasukkan ke dalam program khusus. Yang meliputi program pengembangan bahasa, bahasa inggris dan bahasa arab; program pengembangan ilmu-ilmu agama, kajian kitab-kitab keagamaan klasik (kitab kuning) dan Ilmu al-Qur’an; dan program pengembangan keterampilan, menjahit, komputer, dan kreasi seni.

TPKS juga tidak segan-segan menerapkan full day school dengan peraturan dan kualifikasi yang begitu ketat. Dengan demikian diharapkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal di Kota Sedayu dapat terpenuhi. Inilah investasi emas masyarakat Sedayu untuk menjawab segala problematika masa depan mereka.

35 Comments

  1. Salut buat arek Sedayu, contoh arek-arek yang peduli sama lingkungannya,
    salam kenal!

    nggih… sami2…

  2. Semuanya berada di Kota Sedayu.

    Ralat:
    SMPN 2 Sidayu dan SMKN 1 Sidayu tidak berada di kota, tapi di desa Wadeng, kira-kira 8 km dari pusat kota Sidayu…

    matur suwun ralate cak… nggih ngono tah, peduli thethek nang kotae dhewe… ok cak???

  3. lengkap wes…, yo ngene tah ndesone di promosikno

    nggih cak… itung-itung promosi ndeso dewe…

  4. bravo terus sidayu…

    ok cak… tapi aku njaluk bantuane rek… paling tidak info tentang perkembangan sedayu… ok cak???

  5. jayalah terus Sidayu

    lama nih nggak menghirup udara pagi sidayu.
    kangen banget, smga alaway movement
    thanks
    Arglat

  6. Assalamu’alaikum …………..

    Saya sebagai Alumni dari TPKS merasa bangga akan hal itu
    ternyata TPKS tambah jaya, semoga tambah jaya dan menjadi salah satu penggerak pendidikan di kota Sidayu.

    Buat yang duduk di Pemerintahan, Inggatlah pendidikan Orang kecil, anda bisa duduk seperti sekarang itu karena jasa-jasa mereka, tidak ada rakyat maka tidak akan ada pemerintahan.
    INGAT PESAN BANG NAPI ? Segala Tindak Kejahatan Bukan Karena Niat saja tapi Juga Kesempatan

  7. ass,
    saya sebagai oarang sidayu sekaligus alumi TPKS yang sekarang kuliah d salah satu PTN d sby cukup bangga dengan keadaan sidayu yang sekarang udah berbeda dengan keadaan yang dahulu tapi saya melihat sidayu pekembangan sidayu masih tertingal dengan kecamatan yang lain contohnya bungah dan manyar.
    ya …..! semoga saja sidayu tambah jaya jangan sampai menurun yang dahulu asalnya sebagai kabupaten terus jadi kawedanan dan akhirnya jadi kecamatan. semoga saja sidayu tidak turun menjadi desa…….???????

    kalo cak ipul bangga dengan perkembangan sedayu saat ini, berarti cak ipul ndak tau kondisi masyarakat sedayu yang sebenarnya. saranku cak, ojo cuma ndelok sedayu teko perkembangan fisike ae, tapi lebih dari itu, perkembangan ruhiyah harus lebih diperhatikan. baik kesejahteraan, keamanan, dan keimanan, etc. katanya sedayu kota santri????????

  8. ass..wr..wb..!
    bangga donk jadi warga sedayu.asri,damai,islami,..de el el..!
    lam bwt penduduk sedayu khususx keluarga besar TPKS spirit..!

  9. Apakah pondoh PPMH itu pondok ciliknya KH Muhannad? Boleh tahu nomer tilp dan kontak person PPMH? Suwun

  10. sedayu terkenal banjire – panas jiee! fakta ! jangan dihapus !

  11. website khusus kanjeng sepuh (TPKS) belum ada ya? klu ada apa alamatnya?

  12. maap.. trus trang kami tidak dalam maksud mau komentar. tapi kami mau cari kawan lama. Nama Pak Wahyu S.Pi (Sarjana Perikanan), infonya guru mengajar di SMKN Sedayu. apa benar.? mohon no telpon sekolah SMK nya berapa ?
    mtr nuwun tuk admin…….
    salam

  13. saya anak depok (jabar)lulusan SDNU 1997 dan Mts 2000.
    senang banget akhinya bisa masukblog ni, stlah sekian lama mencri. jujur gw kangen ma tmn2 smua baik dari SD atau MTs,.gimana kbr mrk ya?saiq, aris, Bos-Ahong, Elin,ika,Linda, Ninis, leni,anak-anak osismts 1999.yazid (sang ketua)pokoknya semuadeh. terlebih my Soulmate yuyun Nailufah (ifda).tlng kbrnyadong
    buat para guru pak Asyik, Pak mujib, Pak Min Tholibi (SD), semuanyasemogamasih inget muridnya yang ada jauh di sana.
    salam buat semua. jaya terskanjeng sepuh

  14. hai gw anak Depok angkatan SDNU 1997n MTs 2000
    masih kenal gw ngga?
    ifda
    ufel
    aris

  15. blog ini yang ngurus alumni TPKS juga….

  16. tlNG dONGs…
    buat SP ja Yang Masih Kenal ma GUe. mnt info bt tmn2 yang da di sidayu n sekitar .pliss
    gw gi KANGEN BANGET ni!

  17. Woy…ko’baru emil doang yang msk..
    nyang laen mana neh….
    klo da info kasih tau ke email w ya…
    Cielung@gmail.com

  18. Assalamu’alaikum
    Hai Para Alumni MTs. Kanjeng Sepuh Sidayu Salam kenal dari Pendegone
    apa kabarmu Suryadi, Bocah Depok, yang dulu mondok di Pengulu Sidayu
    kamu sekarang kesibukanya apa?
    Sekarang MTs. Kanjeng Sepuh Udah agak beda dengan waktu jaman kamu dulu
    itu aja kalau pinggin kenal lebih jauh bisa kirim di email
    Wassalam

    • ni capa ya,,,,,,

  19. mas klo bisa untuk profil nya TPKS yang ada di wikipedia artikel bebas diisi juga masalahnya masih kosong. terimakasih atas perhatiannya

  20. Salam kenal, mampir ya. lg jalan-jalan nie. mw liat-liat sedayu di site dulu, sebelom berkunjung langsung ^____^

  21. ass.
    morning sidayuuuuuuu…… i miss u….
    q alumni tpks. alumni bangeetzs… gmn g…wong dr bau kencur ampe’bau tanah q d tpks troz…. dr molae TPQ 118 KS (96), TKM NU 043 Kanjeng Sepuh (96), SDNU KS (02), MTs KS (05), MA KS (08) dah Q jelajahi smuwa… koq g da Universitas Kanjeng Sepuh…kalo da pazti Qjg masuk ctu…He..he..he.. smoga dapet barokahnya Kanjeng Sepuh. jujur dr sni Qbs dapetin manfaat banget. dari cewek yang g bisa pa2 ampe’yang bisa p2 hingga bisa masuk salah satu PTN surabaya, masuk jurusan sastra inggris yang kata orang favorit..he..he..meskipun katanya sidayu ndesooo tp buktinya g koq,,,,justru yang g knal sidayu tu yang ndeso….He…he….
    congratulation wat TPKS….doaen Qjd sarjana sastra yang sukses n bisa menebarkan karya-karyaku untuk TPKS. meskipun g jd guru tp Qharap Qbs ngabdi padamu TPKS…..
    salam buat Ex OSIS MAKS 08….n Ex Teater LENTERA……Kibarkan karya2 mu..kibarkan sastra…kibarkan seni d TPKS….qt buktikan kalo seni bisa hidup d lingkungan religiusnya TPKS n Sidayu…..
    plus….ternyata perpusnya MAKS lengkap bgt. qsalut….ternyata lebih lengkap+nyaman d banding kampusQ skrg…He..he…
    wass….

  22. bwt smwa almni MAKS j……..mga klian cmua skses sllu….
    N slmat dnia n akhrat amiiiiiiiiiin……..!!!!!!!!!!!!!!

  23. numpang lewat bang…..

  24. low leh boleh taw ney blogNa pny alumni taon brapa???

  25. qu bangga bngt jadi alumni tpks, terutama maks. slm buat smua alumni maks 2003. especially for mey.

  26. oh ya buat smua alumni maks dimanapun kalian berada, diklat di maks ada lg nih, ayo donk rame2 dateng buat meriahin diklat. insya Allah mulai 20 Juni 2009. buktikan bahwa kalian alumni sejati.

  27. cielung kpn nih maen k sdy??????????????????

  28. Hy ank depok .pa qm knal ma cwe yg nmax eno .dia tu alumni sdnu th98. Slm knal .By afief

  29. trimah kasihku buat semua guruku di TPKS………jasamu kekal abadi atas ilmu yang kalian berikan. untuk bekal mengarungi hidup ini..

    • yang benar itu SMA darul ulum 2 unggulan BPPT RSBI jombang.,. mas brooo.,.,
      alumniya ituu.,.,

  30. Akuh akan sllu cinta kota Sidayu…….

    meski bukan tempat lahir kuh…tpi tempat kehidupan kuh……ehehheheheheheh

  31. Kalau cari informasi harga tanah dan rumah di sedayu dimana ya? Thanks.

    http://www.baherba.blogspot.com

  32. Jiah,,kuangen ma sidayu,,
    Bagi yg mrasa alumni 20004.20005 tolnng hubungi aq ya

  33. Dicky.candra37@yahoo.co.id


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s