Sarapan Pagi dengan Sego Bali Bandeng

Jika anda ingat dengan istilah “semur”, apa yang terlintas dalam benak anda? Nasi Uduk Betawi? Ya, mungkin itu salah satu jawaban anda. Makanan ini mungkin begitu tenar di kota tempat tinggal anda. Namun semur yang dimaksud di Kota Sedayu, bukanlah semur ala Betawi. Sego Bali Bandeng, itulah nama makanan khas yang berada di Kota Sedayu.

Masakan yang mempunyai bumbu hampir mirip dengan semur ini, menjadi ciri khas menu sarapan masyarakat Sedayu. Mengingat bandeng adalah ikan yang banyak dibudidaya oleh warga Sedayu dan sekitarnya.

Di pagi hari, sebelum memulai aktivitas, masyarakat Sedayu biasa sarapan dengan Sego Bali Bandeng. Disebut Sego Bali Bandeng, karena makanan ini tidak dapat dilepaskan dari nasi (sego) dan ikan bandeng yang telah disemur sebagai lauknya.

Agar tidak terasa membosankan, selain ikan bandeng, biasa digunakan tahu, tempe, telur atau ikan mujair sebagai campurannya. Meskipun makanan ini banyak dimasak oleh keluarga pribadi, namun anda tidak perlu khawatir, Sego Bali Bandeng ini juga disediakan dalam bentuk bungkusan kecil, dan bisa didapatkan di warung-warung di Kota Sedayu.

Setelah jalan-jalan pagi, masyarakat sedayu terkadang menyempatkan untuk andhok (makan di warung) sebelum pulang dan beraktivitas.

Ada yang unik dari Sego Bali Bandeng. Sego yang terdapat di warung-warung biasanya dibungkus dengan menggunakan potongan daun pisang. Inilah yang membuat masakan beraroma lebih sedap. Ditemani dengan wedang jahe anget (minuman jahe hangat), makan akan semakin lahap. Dapat terbayangkan bukan?

9 Comments

  1. slam
    betul banget…………………..
    kangen banget sarapan nek warung cak bungkik di alun2.
    di sini bosan makan nasi uduk.

    wah ngomong2 posisi dmn ney, koq bosen sama nasi uduk??? mene nek riyoyo ayo kopdar nang warunge cak giri… mangan2 sego bali, sak tuwuk’e… suwun cak mau komentar

  2. Assalamu’alaikum …………..

    bener Ndah ………………….

    Panceng enak Ndah sego bali iku, Nek isuk-isuk Nyangkruk nak warung Mbak Latif sambil makan Sego Bali lalu minumnya Jahe hanggat waah ……………………
    Rasanya Makyus……………… Ndah

    Salam Buat teman-teman Sidayu, Maju dan Jayalah Sidayu

  3. sE9O BaLi bAnDeN9 iTu mAkANaN fAv aQ Klo La9i MuDiK Ke SeDaYu.Di WaRuN9 PojOk gApUrA KaNjeN9 SePuh Tuh eNak aBisssssssss

  4. sego bali bandeng memang ngangenin…….., jika lama aku di pulau sebrang nan jauh dimata……sering aku ngelamun ngiler bayangin eneknya breakfast sego bali bandengnya mbak nik alon-alon sedayu

    bali bandeng??? uenak euy……..

  5. Assalam………..
    persaanku sego bali sing enak sego baline almarhum Bapak sahroni diperempatan tapi sekarang sudah nggak ada, diterusno ambek anake tempatnya di alon alon, waktu terakhir bulan maret 2009 saya mampir ke sidayu untuk merasakan sarapan sego Bali pake ndase Bandeng cuma rasanya sudah berubah tidak seperti dulu lagi, klo namanya sih tetap Bali . Tapi saya sempat mersakan makan ikan manyung atau ikan asap dibakar dimasak pake kuah tempatnya di wadeng itu juga enak juga lho he, he,

  6. Gul lek iling bali bandeng iling ngutang na mbk latif n cak ngGiri.Ws pokoke maknyuuUuus…

  7. Soal SEGO BANDENG, paling uwenak gak koyok sego bandenge made in YU ROHAH (man khalif), omahe nak wetane/mburine pasar (Gg pasar) ngetan pollll………. sebelahe langgar ismail, tapi onok’e isuk tok.

    Eh iyo dulur,onok maneh panganan khas sidayu jenenge ‘SEGO GRANDONG’ nggone nak deso Raci Tengah (ngarepe SMUN 1 Sidayu) tp onok’e malem pahing tok, bukak’e mulai jam 2 isuk, di jamin mantab……….

    Iki gak promosi lo rek, cuman bagi2 info, he…. he…. he….

    • sego bandeng e yu roha yo iku panganan nek aku ape budal sekolah biyen cak , tapi sayang e saiki wes gak produksi manenh , emane

  8. saiaki podo gawe kertas minyak , jarang seng gawe godong , emane rek , sidayu kota ku


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s