Mambaul Hisan untuk Pendidikan Anak

Desa Pengulu adalah sebuah desa terkecil di Kecamatan Sidayu. Terletak di 400 meter arah utara Alun-alun Sedayu. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sedagaran, sebelah timur dengan Desa Mriyunan, sebelah barat dengan Desa Purwodadi, dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kauman. Hanya terdiri dari 2 (dua) Rukun Warga (RW) dan 4 (empat) Rukun Tetangga (RT), Desa Pengulu termasuk desa yang cukup maju.

Di desa ini terdapat 2 (dua) lembaga pendidikan besar dan favorit di Sedayu. Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dan Yayasan Pondok Pesantren Mambaul Hisan (PPMH). Keduanya adalah lembaga pendidikan Islam yang berorientasi pada pengembangan pendidikan keagamaan dan umum. Keduanya juga sangat terkenal hingga ke luar kota. Banyak santri dan murid dari keduanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pondokan Cilik adalah sebutan yang tepat untuk pesantren ini. Selain terkenal dengan pendidikan al-Qur’an-nya, Pondok Pesantren Mambaul Hisan (PPMH) juga mempunyai karakteristik pendidikan pada jenjang pendidikan Roudhatul Athfal (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (SD).

Seiring dengan perkembangan zaman, PPMH saat ini juga mengembangkan jenjang pendidikan. Saat ini ia mempunyai jenjang pendidikan menengah, baik Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah. Sebagai ciri khas dari pendidikan pesantren, di PPMH juga terdapat Madrasah Diniyyah dengan berbagai tingkat dan kelas. Di madrasah ini banyak dipelajari ilmu-ilmu agama, mulai dari ilmu alat, ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu fiqh dan ushul fiqh-nya.

About these ads

65 Comments

  1. ass….salam kenal yolek…gawe arek2!!!!!!!!!!aq lgi cari parnert nich…….he.he. takns / suwun walesane….

  2. Saya alumni PPMH tahun 1995. asli jakarta. sejak itu saya belum pernah menginjakkan kaki kesana, Bukan karena tidak ada keinginnan, tetapi kesibukan yang cukup padat membuat sulit untuk saat ini silaturrahmi kesana. Bagaimana Abah sith (KH Abdul MUqsith)? semoga keberkahan dan maghfirah Allah selalu menaunginya dengan keberkahan ilmu beliau> Bagaimana putra beliau yang dari kairo Gus….(saya lupa-tapi tidak mengurangi raya ta’zhim saya kepada beliau) mudaha-mudahan saya dapat terus info tentang PPMH meskipun belum bisa silaturrahmi langsung.

    • aq jga alumni mambaul hisan taon 1995,kamu kmar mna?klo aq di firdaus 5 ktua nya muazin orang jambi

    • aq jg alumni 1995, PPMH timur, gimana kabar abah yai muqqsith..??

  3. tong kosong

    Sedikit ngerti ngaku udah paham

    Kerja sedikit maunya kelihatan

    Otak masih kaya TK,

    Koq ngakunya Sarjana

    Ngomong-ngomongin orang

    Kaya udah jagoan…

    Tonk kosong nyaring bunyinya

    Klentang-klentong kosong banyak bicara

    Oceh sana-sini ngak ada isi

    Otak udang ngomongnya sembarang

    Hak manusia ingin bicara

    Hak manusia ingin bernyanyi

    Kalau sumbang janganlah didengarkan

    Kalau merdu ikutlah bernyanyi

    Jangan ngelarang-larang

    Jangan banyak komentar

    Apalagi menghina

    Terserah mereka kalian atau saya

    Asal nggak ngelanggar hukum

    biarkan saja

    Tonk-tonk kosong mending pada diam

    Biar dunia tentukan pilihan

    Yang mana yang benar ….

    Yang mana yang baik …

    Dari pada elo jadi ….

    ——————————————————————————–

    • g mlu pke bhsa orang laen????
      lbih afdol pke ndri donk,,,,,

  4. Saya alumni PPMH tahun 2008. asli panceng sekang ada di malang menatjutkan jenjang study pendidikan yang lebih tinggi. semoga bermanfa’at dunia dan akhirat. sejak saya lulus dari pondok hati ini tidak dapat melupakan kenangan-kenangan yang begitu indah dan menyenangkan, oh ya,,,, Bagaimana kabarnya Abah sith (KH Abdul MUqsith)?, abah kinun (KH. Makinun Amin)?, Abah ghofur (KH. Abdul Ghofur)dan masnafi’?,serta para gus dan neng lainya….??? semoga keberkahan dan maghfirah Allah selalu menaunginya dengan keberkahan ilmu beliau. mudaha-mudahan saya dapat terus info tentang PPMH meskipun belum bisa silaturrahmi langsung.

    • Tong petong…!!

  5. gimana kabar PPMH,Kanjeng Sepuh,pasar pahing aku kangen banget rek…. Kabar Abah Muqsith,Abah Kinun,Abah Ghofur,Ibu Nyai PPMH…semoga sehat sehat aja…amin.Kabar guru-guru Aliyah, Pak Badruz,pak Farhan,Pak Asykuri,Bu Lillik,semuanya ja smoga baik-baik aja.Aku alumni MAKS tahun ’98,lulusan PPMH rek…Kanjeng Sepuh,semoga ilmunya manfaat.Kanggo konco-konco seng pengen hubungi aku.iki emailku.Ibnu.Salam_8012@yahoo.co.id atau ibnu.salam80@gmail.com

  6. ass wr wb abah yai muqsit n keluarga besar almarhum abah yai muhammad bagai mana cbr pon pesnya ? sekarang gus huda di mana n hf brp ?
    dari Ibrahim kemang – jakarta, tolong kirim ke email saya: gueboim@yahoo.com

  7. ass wr wb abah yai muqsit n keluarga besar almarhum abah yai muhammad bagai mana cbr pon pesnya ? sekarang gus huda di mana n hf brp ?
    dari Ibrahim kemang – jakarta, tolong kirim ke email saya: ibrahim_kemang@yahoo.co.id & gueboim@yahoo.com

    trimaksih sebelumnya. ibrahim jakarta

    • assalamualaikum,slm ta’dzim tuk semua santri PPMH.

  8. ass ya akhi pon pes mambaul hisan mohon beri cbr ttg kholillurrohman cs [selamat wonosobo]semarang , yg saya tahu dia menjadi dosen ugm mohon bantuan email beliau , salam tu arek2 cirebon afit sholehuddin ,ustdz burhanuddin , arek2 suroboyo moh yasin ,moh hafid arek2 madura smoga kita slalu dlm lindungan alloh swt dan bisa menjalankan sunnah2 yg di ajarkan rosululloh saw .lam kel besar jakarta , ibrahim _kemang@yahoo.co.id

  9. assalamu’alaikum…….
    gimana kabarnya PPMH???saya alumni PPMH 2007 saya udah kangen bwgat dengan suasana pondok…
    saya asli banyuwangi yang skarng ini sedang melanjutkan study di unjem alias (unversitas jember). semoga ilmu yang aq dapatkan dari pondok PPMH bermanfaat di dunia dan di akhirat khususnya di desaku.
    gimana kabarnya abah Sith(KH.ABDUL MUQSITH ),abah Kinun (KH.MAKINUN AMIN),abah Ghopur(KH.ABDUL GHOPUR)semoga keberkahan allah dan maghfiroh allah selalu menaunginyadengan keberkahan ilmu beliau.
    Dan tak lupa pula gimana kabarnya guru2 MA MAMBA’UL HISAN:P.Khusaini,P.mamat,P.Sholihun DLL yg tak bisa aku sebutkan satu persatu,terima kasih banyak atas ilmu yang telah di berikan.
    dan gimana kabarnya temen2 ank IPS ???eh gmn klo kita ngadain reuni bwt alumni PPMH supaya tali persudaraan kita tetap utuh walaupun kita semua udah pd pulg k daerah masing2. trzzzzzzzz yang terakhir smpetno klo da khaul datengo rek?????

    • Lutfi????
      Bwi????
      Q lulusan 06 kok g knal yo??
      Opo aq sing lali yo??
      Yws slm knal ae yow
      Q arek probolinggo lut…

  10. assalaamualaikum tu seluruh alumni mambaul hisan dari th jebot ampe skrg gi mn cbr smuanye..? kemarin gus huda ke jkt tapi bilau di hub hfnya ga di angkat mungkin sdg sibuk salam tu abah yai abd muqsith sekeluarga smoga alloh memberikan kesabaran n kasih sayang di iringi dg keridhoian alloh swt n slalu mendoakan santri2nya amin. lam ibarahim jkt 081288988878,gueboim@yahoo.com

    • Gimana kabarnya Gus Ibrahim. Wah tambah ca’em aja nich. Masih ingat sama Muazin nggak? sama Gus Latf Yogya? sama Gus Hamzah Pekalongan? sama Kang Kholil dari semarang? sama Kang Slamet dari Wonosobo? Ya semoga aja masih ingat. Saya adalah bagian dari teman mu yang dulu sempat nyantri di PPMH ya semoga kita bisa bermanfaat bagi lingkungan kita berkah belajar di PPMH dulu. Gimana kegiatannya? Masih suka ngaji qur’an tho??? Dulu suaramu bagus lho… he.

  11. ini no hf gus huda 081357753789 smoga bermamfaat tu alumni ppmh n menjalin hubungan silaturrohiim

  12. assalamualkikum dulur……..

  13. assalamualaikum, terimakasih.

    • Wa’aLaekUmsaLam..
      Guh ovin g antusias blas…

  14. asl……
    kagem ppmh…
    mju truz!!!!!
    wat cmua pngrus,jgn main lsar ma santrix y???
    wat santri,yg ptu ma pngrus+jgn mles2an….

    • Stuju…..
      Bwt para ca2k klo mendidik pake ksh syng n yg ikhas yow.Biar para santri jd pinter….
      Salut bwt ca2k….
      Bwt pr santri hrs smangat dunk ojo mls2an ogunu cah..!!

  15. COUTION!!!!
    WAT SMUA SANTRI OR ALUMNI,SALAM dri PLAT H,,,,,
    MSIH DA YG KNAL AQ G Y?????
    NI EMAILQ abdi_pizz_yo@yahoo.co.id
    kumjungi lho…….

    • AsSaLamUaLaekUM…
      Yo g knl toh mas….
      Lawong jnenge smpyn wae plat-H…
      Salam knal mas…

  16. saya salah satu alumni pesantren yg ngelaanjutin sekolah di luar pesantren saya merasa sangat terkejut ketika banyak ilmuwan yg memandang agama hanya dengan sebelah mata, jadi sebagai muslim kita hrs menjaga apa apa yang sudah menjadi kewajiban kita terhadap Tuhan. banyak penelitian2 yang dilakukan di pesantren yang mana kita tidak tahu apa sebenarnya tujuan dari mereka. sedangkan kita welcome saja dengan kedatanngan mereka, bahkan terkadang kita malah merasa bangga olehnya, tanpa kita rasa apa sebenarnya yang mereka gali. bisa saja mereka berkedok sebagai orang yang peduli akan pesantren tetapi di balik itu semua mana tahu kita, tujuan mereka sebenarnya apa, apakah mereka sendiri itu muslim apa bukan

  17. AsSaLamUaLaekUM…
    Py kbre cong????
    Bonggolane sik nggoreng ta??
    Guh lek iling2 PPMH sedayu garai pngn na pondok ae cah…..
    Woe ndi coment’e arek lulusan 2006 rek??Gaple’i ko’ arek2 iki…
    G kompak blaz ngene cah…..

    • Bonggolane wak yah mwantaaaaab’…

  18. Wa’aLaekUmsaLam..
    Guh ovin g antusias blas…
    Qomary endi nas???

  19. AsSaLamUaLaekUM…
    Ayo room iki d gw diskusi n sharing rek…..
    Diskusi ttg PPMH.Py enake???Bwt kmajuan or masa dpn PPMH n pra alumnine.
    Ojo njegideg wae le…..
    Ojo mesuh2 wedi krungu cak rohmat rek ckakakakakak….!!

    • Wah bahasa mu nggak ilmiah blas cak. tunjukkan kalo kamu santri mambaul hisan. tentu kamu harus tawarkan konsepnya dulu baru bisa ditanggapi oleh yang lain. aku setuju saja jika ini dijadikan ajang silaturrahim ide untuk para santri dan alumni sebab tidak mungkin kita menjadi pintar tanpa saling bergesekan ide. oce tak tunggu ide mu.

      • hai….mau nanya santri glandangaN IKU sopo to?????
        aq cak tofik magelang….

  20. Mamba’ul Hisan adalah tempat ku mencari ilmu. Di sana ada kiai Abdul Muqsith Putra Mbah Muhammad bin Sofwan. Dari pesantren PPMH lah aku mengerti alif ba dunia. Doaku semoga seluruh keluarga besar PPMH para santri alumni PPMH ilmunya manfaat, baik untuk diri sendiri atau pun untuk orang lain.
    Siapa pun yang mencari ilmu pasti dia akan merasakan buahnya. Tinggal apakah ia sebenarnya mencari ilmu. Santri Glandangan

  21. Sahabat PPMH. Andaikan anda berada diseluruh penjuru dunia mana pun, pesan ku; jangan lupa amalan-amalan yang pernah diberikan Kiai Abdul Muqsith kepada kita, seperti: membaca sholawat nariyah 4444X bila memiliki hajat, bila menghadapi masalah serius, membaca surat al Mulk dan Waqiah setiap selesai sholat maghrib agar mendapat fadhilah sebagai pemimpin dan tidak faqir, memperbanyak sholat, dan jangan lupa bacakan fatikah untuk seluruh dhuriyah PPMH agar kita semua mendapat barokah fadhilah dari fatikhah itu.

  22. Dulu ketika nyantri aku bersama sahabat-sahabat yang cerdar, seperti: Hamzah dari pekalongan, Ibrahim dari Jakarta, Rinto dari Temanggung, Urip dari Wonosobo, Slamet dari Wonosobo, Hidayat dari Pasuruan, dll. doaku semoga mereka bermanfaat bagi kehidupan ini. Amin. Baroka Allahu lakum.

  23. Cak Ibrahim (boim). Anta adalah generasi PPMH yang dulu suaranya bagus. Anta sering maju membaca kitab suci al Qur’an saat mukhadhoroh, dan Anta sering menang dalam lomba pembacaan kitab al Barzanji. Sekarang, apa yang sedang Anta lakukan. Aq adalah bagian kecil yang dulu pernah memeriahkan pergulatan mencari ilmu di PPMH. Sampai kapan pun PPMH menjadi inspirasi dalam perkhidmatan ku di masyarakat. Dulu bahkan sampai hari ini atau bahkan untuk selanjutnya, aq masih menjadi santri biasa-biasa saja yang terbiasa dengan hal-hal biasa. Semoga kita dipertemukan dalam kebaikan. Salam ta’dzim untuk seluruh mutakhorijin PPMH. Tetap semangat. Tetap istiqomah dalam berkhidmah di masyarakat.

  24. Mambaul Hisan tempat ku belajar. Bagaimana kabar mu kini? Di tengah pertarungan lembaga pendidikan Islam yang modern. Masihkah kau dikunjungi santri dari seluruh belahan nusantara. Memang doa kami semoga kau senantiasa menjadi referensi dari setiap pendidikan al Qur’an. Dan andaikan pun tidak, jangan khawatir para santri yang dulu pernah nyantri di Mambaul Hisan pasti sudah memiki pesantren dan berkhidmat di tengah masyarakat. Setidaknya, adanya pesantren anak-anak di Nusantara adalah berkat perkhidmatan mu dulu. Saya yakin apa yang dilakukan Mbah Kiai Muhammad bin Sofwan adalah upaya mulia yang telah memberi contoh pada seluruh masyarakat Islam di negeri ini. Sekarang tinggal para penerusnya untuk senantiasa mengkaji dan mencoba berfikir apa yang bisa dilakukan. Sebab diakui atau tidak Mbah Muhammad ada masanya, para penerusnya pun juga ada masanya. Semoga keikhlasan dan keistiqomahan tetap menaungi para pejuan di Mambaul Hisan.

    • Kemarin PPMH ngadai haul Mbah Muhammad, tentu sangat menarik untuk direnungkan. Pertama, setiap santri PPMH harus memiliki jiwa pengabdian seperti yang diajarkan para pendiri PPMH. Mereka mengabddi siang malam hanya untuk Allah. Kedua, para pendiri senantiasa mendidik dengan akhlak yang mulai. Ketiga, para pendiri memberi inspirasi kepada para santri agar kelak sesampai di rumah mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya. Inilah kekuatan PPMH yang dari tahun ke tahun senantiasa memproduksi manusia yang berilmu al Qur’an dan kelak akan menjadi amal untuk kemaslahatan kehidupan. Bismillah.

  25. salam sejahtera buat alumni ppmh dmnpun brda

    smg sll dberi limpahan rahmat Allah swt..
    dan trs mnjalin hubungan silaturahmi..

  26. sy alumni th 97. gmn kbry tmn2 angktn sy. kok g ad yg bs sy hubungi, aly sy ingn th kbr mrk smua
    sy wkt mondoky d abah KH AbdHakim

    • Nak kon cantik pasti aku kenal, tapi yen tidak wah gak kenal aku. E U dari Banyuwangi ya???

    • assalamu’alaikum.. hay siti sya jg alumni ’98 PPMH abah hakim, dri jakarta tman dr masitoh, robi’ah, nining, neneng adik dri saiful bahri mungkin km kenal. sya jg mw tau kbr tman2 semua. salam kenal ya

    • oia…ku rahmat angkatan 97 juga asli bogor mondoknya di abah hakim juga…dikalangan sejak itu ku terkenal diolah raga sepak bola..yaitu team selection

  27. Assalamualaikum,, lam ken all, qu alumni th 2005. Gmn kbr’y pndk skrg? Khusus’y pndk timur.

    • Apek boos… lha U gimana kabar e nak apek ae thoo???? kalo aku angkatan 87 adoh yaa tentu kamu nggak kenal aku. setidaknya jika kamu tanya kepada kakak-kakak mu pasti do kenal aku E siapa tho di PPMH yang bergelar santri glandangan. hee…3x slam kenal santri glandangan.

  28. infoku di fb cari namaku. haluu teman-temanku semua yang aku kenal aku seangakatan sama dayak, Fauzi, Agus mahmudin……………….

    • Kenal to gus latif, aku kan konco U. Ya kita doa bareng-bareng dari rumah agar mambaul hisan tambah siip para masyayih dan keluarga pada sehat semua. amin.

  29. Oyaa untuk temen-temen PPM dimana pun engkau berada PPMH akan ada haul besok pada 24 November 2010 datang yaa… jika nggak datang baca surat yasin dan tahlil. Sebab saat ini yasin dan tahlil menjadi sasaran tembak orang-orang yang nggak suka dengan mengatakan sebagai bidah. Kita sebagai santri PPMH kudu ikut tetap melestarikan warisan para masyayih. Oke saya tunggu silaturrahimnya.

  30. Perlu saya sampaikan di sini untuk para santri PPMH di mana pun anda berada bahwa saat ini muncul gerakan yang mengusung issu sedikit-sedikit bidah. sebagai santri tentu kita paham bahwa bidah ada 2, yakni: bidah hasanah dan dholalah. bidah hasanah adalah bidah yang baik. sedangkang bidah dholalah adalah bidah yang sesat.
    bidah sendiri dapat dipahami sebagai suatu amal di zaman nabi tidak ada dan kemudian ada. seperti sholat tarawih di zaman nabi tidak ada, adanya qiyamul lail. sholat tarawih terlembagakan (jamaah) setelah umar bin khattab melihat ada banyak orang sholat di masjid di bulan Ramadhan. Umar usul andaikan mereka mau berjamaah tentu sangat baik, dan jamaah pun setuju. maka umar berkata, inilah sebaik bidah.

  31. sya alumni 98
    Gmna kbarx tmnq dlu,,
    qpngin ktmu,,,, tmn” dlu,,

    • khusnul khuluk anak KATING ya???
      gue nih rosyidin adek’a saiful bahri kenal kan??

  32. sy sjak kcil d PPMH
    SY dPndok,KH,MAKNUN AMIN
    anakx yai nmax NELI KHUROTA AYUNI TO tmnq skholah
    Q skrang pngin tau kbarx tmn”q dulu
    Emai
    FBQ.Rfi.cayang@gmail.com
    Kbr q ‘y q kng kmu smua,,,,

  33. Asalamualaikum shobatku semua,,,namaku pathillah/ihsan
    asal plmbg .aku alumni thn 90an,tmnku2 sakta muajin hamzh ,dayat hafiz ,muksin dll,apa kbr tmnku semua,?,,Semoga Allah senantiasa mliphkan rahmatya untuk kita semua wabil khusus untk Abah sekeluarga a,,,aminnn.
    PPmh adalah pondok yg taknkan trlupakan ,disanalah awal aku mgnal pndidikan agama,sedikit bnyakya ilmunyg ku ndapat sagat ber mamppat bgiku dan juga kluargaku…
    terimakasih Abah,,ustadku,tmn2ku..atas semuanya.
    “cak selamat,cak dayakun,cak yanto,dll piye kbare?….
    jika tmn2ku mau mghbgiku silakan ke no 081312419319 / 081991026168,
    Ku berharap meski hanya lewat tulisan kita tetap mjalin silaturrahmi dgn baik…amin

  34. assalamu’alaikum…
    sya rosyidin dri jakarta alumni PPMH ’98 pondok wetan/di abah hakim, sya mau tau kabar PPMH khusus’a dan jga kbar teman” semua.
    salam kenal.

    terima kasih untuk para pengasuh, pembimbing sekaligus guru PPMH, semoga sllu msh dalam lindungan ALLAH. SWT dan
    semoga ilmu yg sya dan tman yg dapat di sana sllu bermanfa’at.
    amiiin….
    bsa hubungi sya di FB: ochid_rsd83@ymail.com

  35. assalamualaikum …lam kangen smua..aq cak tofik magelang..
    mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
    …..rasa terima kasihq pada PPMH tak trungkap………doaq untukmu disetiap sholatq……

  36. Assalamualaikum wr.wb..Gmn kabar KIAI beserta ibu?semoga tetap dalam lindungan ALLAH SWT.mbak NELLI Masih ingat saya..saya adalah alumni ppmh th 1990,sy mondok di KH MAKINUN AMIN..terimakasih untuk semuanya,dulu ktk sy masuk blm tw sama sekali huruf hijaiyah,ALHAMDULILLAH atas bimbingan cacak dan barokah do kiyai,akhirnya saya bisa..saya bangga di ppmh,sy kangen bgt,tp blm ada waktu untuk sowan k sana..

    • assalamualaikum,,,. aku alumni PPMH thn 1987 dri purworejo. ap msih ad tmnk’’k dlu d pndok. ap sdh pd keluar y?…

  37. ass….

  38. muazin.kholil.hamza.muis ali.tofik.didi riadi.rosadi.deden.selamet.nas komarudin.ibnu sani mubarok.yasin.suganda.nasep ramli.robiy subhan imam.(ting2)arif(kriting)hafid dkk yg q lupa namanya….?mereka semua kawan ku taon 1990di PPMH..gimana y kbr mereka sekarang.?

  39. asslmkmmm alumni PPMH,adakah yang msh ingt q {muflihah cilacap} q d PPMH akhir th1991di KH muqsit,temen dari cerbon,mba latifa,jumaroh,munjiah,ck mur da’i,cah nuh dari sunda ,magelang cak YAnto,cak rasinto ko banyu mas, qiptiyah banyu wangi,rembang cak halim,cak su’udi pati dst boleh hub ke fece book ,cari nama Q Muflihah Kaomah

  40. temen2 wlo sdikit q trapkn metode PPMH

  41. assalamu’alaikum… Salam kenal, saya alumni PPMH mondok tahun ’83-’85. Apa kabar pondok sekarang


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.